Manfaat Telur

Sebagai lauk, telur sangat nikmat dan bisa digunakan untuk campuran panganan apapun. Telur mengandung zat gizi yang tinggi yang salah satunya delapan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan anak dan kesehatan tubuh. Telur juga mengandung mineral selenium (Se) yang dibutuhkan pria untuk pembentukan kualitas dan kuantitas sperma. Satu butir telur dapat menghasilkan 10 persen dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium. Telur juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang.

Selain itu, telur juga mengandung vitamin E. Kombinasi antara selenium dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Telur merupakan sumber vitamin B12, vitamin B6, dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel syaraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel syaraf. Wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 mempunyai risiko anaknya akan mengalami kerusakan pada sistem syaraf.

Terkadang telur mengandung bakteri Salmonella sehingga tidak dianjurkan untuk dimakan dalam keadaan mentah, khususnya bagi orang yang memiliki risiko tinggi seperti wanita hamil, orang lanjut usia, dan anak-anak. Telur sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak hingga matang.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: